Rabu, 12 Januari 2011

Program Badan Pemberdayaan Perempuan dan Keluarga Berencana


BIDANG PEMBERDAYAAN PEREMPUAN DAN PERLINDUNGAN ANAK
I.   PERLINDUNGAN ANAK
a.Keserasian Kebijakan Peningkatan Kualitas Anak dan Perempuan
   Kegiatan ini dilaksanakan dengan cara pembentukan Forum Anak Daerah (FAD) Kabupaten Kubu Raya. Forum ini sebagai wadah bagi anak-anak Kabupaten Kubu Raya untuk dapat menyalurkan aspirasinya. Pelaksanaannya difokuskan di tingkat Kabupaten dengan peserta Anak-anak yang mewakili Kecamatan  sebanyak @ 6 orang untuk masing-masing Kecamatan.
b.Peningkatan Kapasitas dan Jaringan Kelembagaan Pemberdayaan Perempuan dan Anak.
   Kegiatan  ini dilaksanakan dalam bentuk penyaluran minat, bakat dan kreativitas Anak yang dilaksanakan dalam bentuk kegiatan-kegiatan lomba yang dikaitkan dengan peringatan Hari Anak Nasional (HAN). Lomba ini meliputi pelajar tingkat TK / PAUD, SD, SLTP dan SLTA.
II.PEMBERDAYAAN PEREMPUAN
    a.Pengkajian Strategi Pengembangan Lingkungan    Sehat melalui Gerakan Sayang Ibu (GSI).
Kegiatan ini dilaksanakan untuk peningkatan dan perbaikan kualitas hidup kaum perempuan dalam upaya mempercepat penurunan Angka Kematian Ibu (AKI) dan Angka Kematian Bayi (AKB) di Kabupaten Kubu Raya serta peningkatan komitmen Pemerintah dan kesadaran masyarakat dalam membangun mekanisme rujukan untuk ibu hamil agar tidak terlambat ditolong melalui pembentukan POKJATAP GSI. Kegiatan ini dilakukan dengan memilih   salah  satu  kecamatan  yang  ada   sebagai   Kecamatan Sayang Ibu percontohan di Kabupaten Kubu Raya sekaligus mewakili Kabupaten untuk mengikuti lomba yang sama di tingkat Provinsi.
  b. Pembinaan  Peningkatan  Peranan  Perempuan dalam pengelolaan lahan lingkungan melalui Peningkatan Peranan Wanita menuju Keluarga Sehat Sejahtera (P2WKSS).
kegiatan ini dilaksanakan dengan melakukan penyuluhan secara terpadu dengan instansi terkait yang bertujuan meningkatkan pengetahuan dan ketrampilan masyarakat khususnya kaum perempuan untuk dapat memfungsikan dirinya baik sebagai ibu rumah tangga, mendidik anak serta sekaligus membantu mencari nafkah, melalui penciptaan peluang kerja, peningkatan ketrampilan serta pemanfaatan bahan local yang dapat diolah untuk peningkatan perekonomian keluarga. diharapkan dengan pembinaan secara terpadu ini akan berpengaruh terhadap pola kehidupan masyarakat khususnya di pedesaan sehingga masalah-masalah yang berkaitan dengan anak dan perempuan termasuk KDRT,Trafficking dll dapat ditekan dan dapat diatasi. Melalui kegiatan ini juga telah dicanangkan lomba P2WKSS yang dituangkan dalam SK Gubernur yang pada tahun 2010, difokuskan pada kecamatan Teluk Pakedai mewakili kabupaten kubu raya.
  c. Kegiatan   Bimbingan   Managemen  Usaha  bagi perempuan dalam mengelola usaha.
Peningkatan dan pengembangan sumber daya manusia terutama peningkatan kapasitas inofatif menjadi hak mutlak. Upaya perbaikan melalui pemanfaatan tekhnologi tanpa dibarengi dengan peningkatan kapasitas sumber daya manusia tidak akan membuahkan hasil yang optimal. oleh sebab itu untuk meningkatkan kualitas dari sumber daya manusia yang ada agar menjadi tenaga trampil dapat dilakukan dengan mengembangkan jaringan dengan lembaga pendidikan dan pelatihan.
selain itu pula guna mengatasi rendahnya kualitas pengelola usaha dan penciptaan lapangan kerja yang terbatas perlu upaya menciptakan dan mengembangkan lapangan kerja.  Salah satu upaya tersebut adalah melakukan wirausaha dan membangun usaha. agar dapat menggali gagasan untuk mengembangkan  budaya usaha maka perlu juga dibekali cara mengelola usaha yang  baik. hal ini dapat kita capai melalui kegiatan  bimbingan dan perlu adanya kerja sama yang baik antar instansi terkait  Bentuk kegiatan adalah pelatihan yang difokuskan di tingkat Kabupaten dengan melibatkan ibu-ibu atau wanita di Kecamatan se Kabupaten Kubu Raya lebih diutamakan dari TP PKK Kecamatan, yang diharapkan dapat menjadi bekal untuk masyarakat terutama wanita dalam melakukan usaha.

BIDANG KELUARGA BERENCANA DAN KELUARGA SEJAHTERA
A. BIDANG KELUARGA BERENCANA
I. PROGRAM KELUARGA BERENCANA
Program Keluarga Berencana sangat berperan dalam upaya pengendalian laju pertumbuhan penduduk guna mendukung pencapaian tujuan pembangunan Nasional, dan setiap keluarga dapat merencanakan kehidupannya menjadi lebih berkualitas dan Sejahtera.
  
a.  Pelayanan KIE
Program ini dilaksanakan guna meningkatkan pelayanan Komunikasi, Informasi dan Edukasi Program KB di Delapan Kecamatan.
b.  Promosi Pelayanan KHIBA
Kegiatan ini di laksanakan guna meningkatkan pengetahuan orang tua dalam membesarkan, memelihara, merawat, mendidik, mengarahkan dan membimbing anaknya termasuk kehidupan berkeluarga sampai dengan dewasa.
c.  Pembinaan Keluarga Berencana
Kegiatan ini di laksanakan melalui pelatihan guna meningkatkan pengetahunan tentang Keluarga Berencana yaitu untuk mengatur kelahiran, jarak dan usia ideal melahirkan, mengatur kahamilan dengan menggunakan cara alat dan obat kontrasepsi.
d.  Kegiatan Bulan Bhakti
Kegiatan ini di laksanakan guna mambantu pelaksanaan pembinaan KB dan KS melalui Bulan Bhakti yang berkoordinasi dengan pihak – pihak terkait yaitu TNI / Polri, Dinas Kesehatan, PKK dan Instansi terkait.
II.PROGRAM PELAYANAN KONTRASEPSI
Pelayanan Konseling KB
Kegiatan ini di laksanakan guna meningkatkan pencapaian peserta KB aktif dan peserta KB baru serta dapat menanggulanggi apabila terjadi kasus Komplikasi atau kegagalan dalam pelayanan KB, untuk tahun ini di anggarakan sebanyak 100 Kasus.
III.  PROGRAM PEMBINAAN PERAN SERTA MASYARAKAT DALAM PELAYANAN KB/KR MANDIRI
Falisitasi Pembentukan Kelompok Masyarakat Peduli KB
Kegiatan ini di laksanakan guna membantu mengatasi kurangnya tenaga penyuluh KB di lapangan dengan membentuk Pos Pelayanan KB Desa (PPKBD), dan tahun anggran ini di rencanakan akan di bentuk 106 PPKBD Se Kabupaten Kubu Raya.
IV.  PROGRAM SARANA DAN PRASARANA PELAYANAN KB
Pengadaan Saran dan Prasarana Fisik Pelayanan KB
Dalam tahun anggaran 2010 melalui bantuan Dana Alokasi Khusus ( DAK ) Bidang KB akan di adakan :
ü 1 ( satu ) Mobil Unit Penerangan ( MUPEN ) KB
Mupen KB adalah Kendaraan Roda 4 ( Empat ) yang berisi peralatan Eloktronik ( Audio Visual ) dan berfungsi sebagai kendaraan Operasional Penyuluhan dan KIE dalam menunjang Program Keluarga Berencana Nasional. 
ü   2 ( dua ) Unit Public Adress
Public Adress adalah sarana KIE berupa peralatan pengeras Elektornik yang mudah di bawa keliling ke lokasi sasaran dan fungsi sebagai sarana penyuluhan/ KIE dalam menunjang Program Keluarga Berencana Nasional.
ü 10 ( sepuluh ) Set KIE KIT
KIE KIT adalah suatu unit alat peraga yang terdiri dari alat peraga anatomi alat reproduksi, lembar balik, contoh alat kontrasepsi, VCD anomasi proses pembuahan dan VCD Sosialisai Kontrasepsi.
ü 10 ( Sepuluh ) Set BKB KIT
BKB KIT adalah materi dan media yang di gunakan untuk memberi penyuluhan kepada keluarga yang memiliki balita usia 0-5 tahun atau usia pra sekolah dalam upaya maningkatkan pengasuhan dan pembinaan tumbuh kembang anak.
V.PROGRAM PENINGKATAN PENGOLAHAN DAN PELAPORAN DATA / INFORMASI PROGRAM KB
Kegiatan ini di maksudkan untuk pengadaan dan pelaporan data / informasi Bidang Keluarga Berencana dalam tahun anggaran ini melalui Shearing dana DAK dan APBD di adakan berupa 5 ( Lima ) buah Notebook bagi petugas KB di tingkat Kecamatan ( PKB / PLKB ) guna meningkatkan akurasi, kecepatan dan cakupan data dari lini lapangan ke pusat.
Notebook adalah Komputer yang berukuran kecil dengan kapasitas dan kemampuan yang sama dengan prosonal computer dan bersifat mobile. 

B. BIDANG KELUARGA SEJAHTERA
Keluarga Sejahtera adalah Keluarga yang di bentuk berdasarkan perkawainan yang sah mampu memenuhi kebutuhan hidup spiritual dan materi yang layak, bertakwa mempunyai hubungan yang baik antara anggota keluarga, antar mansyarakat antara lingkungan.
I. PROGRAM PROMOSI KESEHATAN IBU BAYI DAN ANAK MELALUI KELOMPOK KEGIATAN DI MASYARAKAT
Penyuluhan KHIBA melalui Kelompok di Masyarakat
Kegiatan ini dilaksanakan melalui palatihan guna meningkatkan pengetahun dan kesadaran orang tua, guru siswa / remaja tentang Kesehatan Reproduksi Remaja KRR .
II.   PRORGAM PENGEMBANGAN BAHAN INFORMASI TENTANG PENGASUHAN PEMBINAAN TUMBUH KEMBANG ANAK
Pengumpulan Bahan Informasi Tentang Pengasuhan dan Pembinaan Tumbuh Kembang Anak
Kegiatan ini di laksanakan guna mendukung pelaksanaan KIE dan    KHIBA dengan menyiapkan materi berupa BKB KIT dan APE KIT.
EMPAT PROGRAM POKOK DAN FOKUS BIDANG KB KABUPATEN KUBU RAYA TAHUN 2010
1.       Keluarga Berencana
2.       Kesehatan Reproduksi Remaja
3.       Ketahanan dan Pemberdayaan Keluarga
4.       Penguatan Pelembagaan Keluarga Kecil Berkualitas
PROGRAM KELUARGA BERENCANA
Memenuhi permintaan masyarakat akan pelayanan KB dan Kesehatan Reproduksi yang berkualitas, termasuk upaya – upaya menurunkan angka kematian Ibu, Bayi dan Anak serta penanggulangan masalah kesehatan reproduksi.
Fokus      : peningkatan pemakaian metode kontrasepsi jangka panjang ( MKJP ) dan partisipasi pria dalam ber-KB
PROGRAM KESEHATAN REPRODUKSI REMAJA
Meningkatkan Pemahaman, Pengetahuan, sikap dan prilaku positif remaja tentang kesehatan dan hak-hak reproduksi, guna meningkatkan derajat kesehatan reproduksinya dan mempersiapkan kehidupan berkeluarga dalam mendukung upaya peningkatan kualitas generasi mendatang.
Fokus      : Pembentukan dan pembinaan PIK REMAJA dan PIK MAHASISWA
PROGRAM KETAHANAN DAN PEMBERDAYAAN KELUARGA
Mengikatnya kesejahteraan dan pembinaan ketahanan keluarga dengan memperhatikan kelompok usia penduduk berdasarkan siklus hidup, yaitu janin dalam kandungan sampai dengan lanjut usia.
Fokus      : Pembentukan danm pembinaan kelompok BKB, BKL, BKR dan Kelompok UPPKS.
PROGRAM PENGUATAN PELEMBAGAAN KELUARGA KECIL BERKUALITAS
Membina kemandirian dan sekaligus peningkatkan cakupan dan mutu pelayanan KB dan KR, serta keluarga yang di bentuk berdasarkan perkawainan yang sah dan bercirikan sejahtera sehat maju mandiri memiliki jumlah anak yang ideal, berwawasan ke depan bertanggung jawab, harmonis dan bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa.
Fokus      : Peningkatan melalui peningkatan kualitas dan kemandirian PPKBD dan POKTAN.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar